Sumber Referensi

Bagian Tubuh Mana Yang Paling Berarti????????

on Rabu, 02 Februari 2011

Ibuku selalu bertanya padaku, bagian tubuh mana yang paling berarti? … Bertahun tahun , aku selalu menebak dengan jawaban yang aku anggap paling benar.

Ketika aku masih muda , aku pikir suara adalah yang paling penting bagi kita, sehingga aku menjawab, ” Telinga , bu.”

Jawab Ibu, “Bukan, banyak orang yang tuli, tapi teruslah berpikir dan aku akan menanyakannya lagi nanti.”

Beberapa tahun kemudian sebelum dia bertanya padaku lagi , sejak jawabanku yang pertama dulu, kini aku yakin jawabanku kali ini pasti benar. Jadi kali ini aku akan memberitahukannya sebelum ditanya, ” Bu” penglihatan sangat penting bagi semua orang, jadi pastilah mata kita.”

Dia memandangku dan berkata, “Kamu belajar dengan cepat, tapi jawabanmu masih belum tepat karena banyak orang yang buta.”

Gagal lagi, aku meneruskan usahaku untuk mencari jawaban baru dan dari tahun ke tahun , ibu bertanya kepadaku beberapa kali dan jawabannya selalu, “Bukan, tapi kamu sudah makin pandai dari tahun ke tahun, anakku.”

Akhirnya, tahun lalu kakekku meninggal, semua keluarga sedih, semua menangis. Bahkan, ayahku juga menangis, aku sangat ingat itu karena itulah saatnya untuk kedua kalinya aku melihat ayah menangis.

Ibuku memandangku. Ketika tiba giliranku untuk mengucapkan selamat tinggal pada kakek , dia berbisim kepadaku, “Apakah kamu sudah tahu apa bagian tubuh yang paling berarti, sayang?”

Aku terkejut ketika ibu bertanya pada saat seperti itu, aku sering berpikir, ini hanyalah permainan antara ibu dengan aku.

Ibu melihat kebingungan diwajahku dan memberitahu, “Pertanyaan ini penting. Ini akan menunjukkan kepadamu apakah kamu sudah benar benar “hidup”. Untuk semua bagian tubuh yang kamu beritahukan kepadaku dahulu, aku selalu berkata kurang tepat dan aku telah memberitahukan kepada kamu apa sebabnya, tapi hari ini adalah hari dimana kamu harus belajar pelajaran yang sangat penting.”

Dia memandangku dengan wajah keibuan , aku melihat matanya penuh dengan air mata, dia berkata, ” Sayangku , bagian tubuh yang paling penting itu adalah bahumu.”

Aku bertanya, “Apakah karena fungsinya untuk menahan kepala ?”

Ibu menjawab , “Bukan , tapi karena bahu dapat menahan kepala seorang teman atau orang yang kamu sayangi ketika mereka menangis. Kadang dalam hidup ini, orang perlu bahu untuk menangis. Ibu cuma berharap, kamu punya bahu untuk menangis kapanpun kamu butuhkan.”

Akhirnya, aku tahu, bagian tubuh yang paling berarti adalah tidak mementingkan diri sendiri, tapi simpati terhadap keluh kesah atau penderitaan orang lain.

*Orang akan melupakan apa yang kamu katakan ………………..*

*tapi …………………………………………………………………………*

“Tidak akan pernah lupa bagaimana kamu membuat mereka berarti”
………………………………………………………………………………*

Ingatlah bahwa kita hidup di dunia ini juga membutuhkan orang lain,..,.,.,.,.*

0 komentar:

Posting Komentar